Nikon D3100 Error Press Shutter Release Button Again

Beberapa jam yang lalu kamera DSLR Nikon D40 yang saya miliki sejak tahun 2008 tiba-tiba saja tidak bisa digunakan untuk memotret, dan muncul pesan "Error. Press Shutter Release Button Again" pada layar kamera.

Apakah saya panik? Tentu saja tidak, karena saya bukan tipe orang yang seperti itu. Langkah pertama yang saya lakukan yaitu segera melepas baterai dan SD Card dari kamera selama beberapa menit. Beberapa menit kemudian, saya kembali mencoba menggunakan kamera DSLR Nikon D40 untuk memotret. Dan hasilnya, tetap tidak bisa digunakan untuk memotret.

Cara mudah memperbaiki tombol shutter kamera dslr nikon yang tidak berfungsi dengan normal
Kamera Yang Menemani Saya Sejak 2008.

Oleh karena internet adalah pusatnya informasi, maka langkah berikut yang saya lakukan adalah Googling. Dan pada SERP Google urutan pertama, ada sebuah weblog postal service yang menjelaskan tentang bagaimana cara memperbaiki tombol shutter yang macet, dan muncul pesan "Error. Press Shutter Release Push Over again".


Baiklah, saya langsung mencari obeng yang berukuran sangat kecil, meskipun pada akhirnya saya menyadari jika saya tidak memilikinya. Maka berangkatlah saya ke toko elektronik, untuk membeli obeng yang saya butuhkan.

Siapkan Obeng Berukuran Kecil

Saya cukup yakin apabila tidak semua orang memiliki obeng yang berukuran kecil untuk membongkar kamera DSLR Nikon. Dan jangan gegabah dengan memaksakan membongkar kamera DSLR Nikon sampeyan dengan obeng yang tak sesuai dengan ukuran sekrup yang terdapat pada kamera.

Obeng untuk memperbaiki dan membongkar kamera DSLR Nikon dan Canon.
Obeng Untuk Membongkar Kamera DSLR.

Cobalah sampeyan ke toko elektronik terdekat, dan tanyakan obeng dengan ukuran yang paling kecil. Saya membeli seperangkat obeng ini seharga 25 ribu, dan isinya pun sangat lengkap.


Kalau sampeyan sudah memiliki obeng tersebut dan tidak perlu membelinya, maka kita lanjut ke langkah berikutnya, untuk memperbaiki tombol shutter yang macet pada kamera DSLR Nikon D40.

Melepas Baterai Dari Kamera DSLR Nikon

Sebelum memulai membongkar kamera DSLR Nikon D40, sampeyan harus pastikan apabila baterai sudah sampeyan lepas dari kamera. Kenapa harus melepas baterai dari kamera DSLR Nikon tersebut? Karena ada sebuah sekrup yang lokasinya dekat dengan baterai kamera.

Cara memperbaiki shuter kamera dslr nikon d40 yang macet.
Lepas Baterai Dari Kamera DSLR.

Apalagi untuk memperbaiki sebuah kamera tentu jauh lebih aman jika kita melepas baterai terlebih dahulu. Baiklah, kini saya anggap sampeyan sudah melepas baterai dari kamera DSLR Nikon tersebut.


Sekarang kita berlanjut ketahapan berikutnya, yaitu melepas semua sekrup yang terdapat pada sisi bawah kamera DSLR Nikon.

Melepas Sekrup Pada Kamera DSLR Nikon

Total ada ix sekrup pada bagian bawah kamera DSLR Nikon D40. Dan dari 9 sekrup tersebut, hanya ada 8 sekrup yang terlihat apabila kita tidak melepas baterai dari kamera DSLR Nikon. Itulah yang saya maksud kenapa kita harus melepas baterai terlebih dahulu sebelum memulai membongkar kamera.

Cara memperbaiki tombol shutter yang macet dan error pada kamera dslr nikon d40.
Melepas Sekrup Kamera DSLR Nikon D40.

Lepas setiap sekrup secara perlahan, dan berhati-hatilah supaya kita tidak merusak sekrup kamera tersebut. Pada sisi luar kamera, full ada 8 buah sekrup yang mudah kita lihat. Pastikan sampeyan lepas semua sekrup tersebut.

Kemudian, sekarang sampeyan perhatikan pada tempat penyimpanan baterai, ada sebuah sekrup yang lokasinya terletak pada bagian atas (bukan paling bawah atau dasar). Lepas juga sekrup tersebut.

Cara memperbaiki shutter kamera dslr nikon d40 yang macet atau rusak.
Sekrup Pada Sisi Dalam Penyimpanan Baterai.

Dan hal yang paling utama untuk sampeyan ingat ketika melepas semua sekrup yang terletak pada bagian bawah kamera, yaitu mengingat lokasinya, karena setiap sekrup memiliki ukuran yang berbeda-beda. Jangan sampai kita salah memasang sekrup, ketika selesai memperbaiki kamera DSLR Nikon ini.

Melepas Cover Bagian Bawah Kamera DSLR Nikon

Kini saya anggap sampeyan sudah melepas semua sekrup, dan juga telah melepas comprehend bagian bawah kamera DSLR Nikon D40. Oh iya, ketika sampeyan melepas embrace bagian bawah kamera, buka secara perlahan dan berhati-hatilah supaya tidak ada bagian yang patah.

Cara membongkar kamera dslr nikon D40 pada bagian bawah kamera
Cover Bagian Bawah Kamera, Lepas.

Sekarang coba sampeyan perhatikan dengan teliti, ada sebuah gear warna merah yang terletak pada bagian bawah kamera DSLR Nikon D40 yang sudah dibongkar. Itulah bagian utama yang akan kita perbaiki pada tahapan berikutnya.

Tips cara memperbaiki kamera dslr nikon d40 yang macet, rusak, dan tidak berfungsi dengan normal.
Bagian Bawah Kamera DSLR Nikon D40.

Jadi kenapa tombol shutter kamera DSLR Nikon D40 milik saya macet? Karena gear pada bagian bawah kamera tersebut kotor yang menyebabkan kamera tidak bisa kita gunakan untuk memotret. Sehingga muncul sebuah pesan "Error. Press Shutter Release Button Over again" pada layar kamera DSLR saya.

Memperbaiki Gear Kamera DSLR Nikon

Pada tahap ini saya anggap sampeyan sudah melihat dan mengetahui dimana letak gear warna merah tersebut. Misalnya (maaf) kalau sampeyan kebetulan buta warna, silahkan minta tolong orang disekitar sampeyan.

Panduang untuk memperbaiki tombol shutter macet pada kamera dslr nikon d40 dengan mudah
Perhatikan Gear Warna Merah.

Dan apabila sampeyan agak sedikit kesulitan untuk melihat dan mengetahui lokasi gear warna merah, silahkan menggunakan bantuan kaca pembesar agar gear warna merah tersebut mudah terlihat oleh mata.

Gunakanlah tusuk gigi dengan ujung yang runcing, untuk membersihkan kotoran pada sela-sela gear warna merah itu. Putar perlahan, dan bersihkan secara hati-hati pada setiap sela. Setelah sampeyan merasa gear warna merah itu sudah bersih dari kotoran, putar secara perlahan dan hati-hati, sebanyak 5-9 kali.


Putar secara perlahan gear warna merah ini kedepan sebanyak 5-9 kali dan putar juga ke arah sebaliknya dengan jumlah yang sama.

Kini silahkan pasang kembali baterai ke tempat penyimpanannya. Pastikan kamera dalam kondisi On, tekan sedikit baterai tersebut, dan pencet tombol shutter kamera. Perhatikan gear warna merah itu, pastikan ketika sampeyan pencet tombol shutter, gear tersebut berputar dan kamera mengeluarkan suara seperti kondisi normal.

Pasang Kembali dan Perbaikan Shutter Selesai

Ketika sampeyan melihat kamera DSLR sudah berfungsi dengan normal dan sudah bisa mengambil gambar, maka artinya proses perbaikan ini telah selesai. Silahkan pasang kembali comprehend bagian bawah kamera DSLR, beserta seluruh sekrup yang ada kepada lokasi semula.

Cara memperbaiki shutter macet yang muncul pesan Error. Press Shutter Release Button Again
Alhamdulillah, Kamera Berfungsi Normal.

Mungkin salah seorang dari sampeyan menceletuk, "Lah kok masih pakai kamera DSLR Nikon D40?", tentu saya jawab "Apa sampeyan mau membelikan saya kamera yang baru? Hehehe, monggo kalau sampeyan tidak keberatan.".

Itulah sedikit panduan yang bisa saya berikan. Bahkan saya rela bongkar pasang lagi supaya bisa memotret setiap tahap menggunakan kamera ponsel cerdas, untuk kemudian saya unggah dalam blog post yang sampeyan baca ini.

Terima kasih sudah membaca blog postal service tentang cara memperbaiki shutter macet kamera DSLR Nikon ini, dan semoga bermanfaat. Silahkan sampeyan share ke akun jejaring sosial. Saya mau ngopi dulu, hehehe.

oneilaffix1999.blogspot.com

Source: http://satriyoatmojo.com/2015/08/11/cara-perbaiki-shutter-macet-nikon-dslr/

0 Response to "Nikon D3100 Error Press Shutter Release Button Again"

Postar um comentário

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel